Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka, Cek Faktanya di Sini

Nadzim Asy'ari - Senin, 26 April 2021, 16:40 WIB

Ilustrasi progam kartu prakerja gelombang 17Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka, Cek Faktanya di Sini/Classic/KAI Kreatif

FIXBLITAR.COM - Pendaftaran progam kartu prakerja akan segera dibuka, hal itu disampaikan oleh Manajemen Pelaksana (PMO) pada dialog yang berjudul Prakerja Sudah Sampai Mana? Kamis, 22 April 2021.

Namun faktanya, PMO belum memberikan keterangan secara pasti tanggal berapa progam kartu prakerja gelombang 17 dibuka.

Nantinya jumlah peserta progam kartu prakerja gelombang 17 akan memanfaatkan jatah kuota peserta yang ditarik pada gelombang-gelombang sebelumnya.

Baca juga: Waah! Ternyata Madu Dapat Kurangi Resiko Penyakit Ini, Simak Keterangan Selengkapnya

Hal itu dikarenakan para peserta tersebut sudah membeli pelatihannya kurun waktu 30 hari setelah mereka ditetapkan sebagai penerima kartu prakerja dan sudah menerima beberapa pelatihan.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan dalam dialognya hari ini, Kamis 22 April 2021 bagi para peserta program prakerja gelombang 17 diharapkan bersabar.

"Jadi, teman-teman yang sekarang belum mendapatkan program Kartu Prakerja itu sabar, kami akan buka gelombang 17 yang akan memanfaatkan dari ini tadi, yang tidak dimanfaatkan (insentifnya)," ujarnya dalam dialog bertajuk Prakerja Sudah Sampai Mana? Kamis 22 April 2021.

Baca juga: Resmi Rilis! Harga Terjangkau dengan Baterai Badak, Berikut Spesifikasi Oppo A74 5G

Denni juga menambahkan setidaknya ada sebanyak 29 ribu orang yang ditarik kepesertaannya di gelombang sebelumnya.

Penarikan atau pencabutan kepesertaan progam kartu prakerja sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Peraturan tersebut menjelaskan, jika dalam waktu 30 hari pasca menerima uang pelatihan progam kartu prakerja dan belum memanfaatkannya guna pelatihan maka stastusnya akan dicabut.

Baca juga: Sakit Berkepanjangan Pasca Vaksinasi? Segera Lapor Disini

"Ini tentu saja patut untuk disesalkan, kenapa teman-teman sudah daftar, sudah dapat (insentif), tapi kok tidak manfaatkan bantuan yang telah diberikan," tambah Denni.

Untuk insentif peserta yang tidak lolos maka akan dikembalikan ke kas negara. Nantinya insentif yang terkumpul dalam kas negara itu untuk membuka progam kartu prakerja gelombang selanjutnya.

Bagi Anda yang sudah lolos gelombang 16 namun belum belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamu sekarang juga.

Baca juga: Begini Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp1,2 Juta Melalui eform.bri.co.id/bpum

Editor: Nadzim Asy'ari

Sumber: KAI Kreatif

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot