Terkait Hilangnya Kapal Selam, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto: KRI Nanggala-402 Tenggelam

Moh Asmi' Fadloly | Firda Najmi Amaludin - Minggu, 25 April 2021, 11:41 WIB

kapal selamkapal selam/Terkait Hilangnya Kapal Selam, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto: KRI Nanggala-402 Tenggelam/David Mark/Pixabay

FIXBLITAR.COM - Kapal selam milik TNI AL KRI Nanggala-402 yang hilang kontak pada Rabu, 21 April 2021 di perairan utara Bali, dinyatakan tenggelam pada Sabtu, 24 April 2021. 

Hal tersebut telah disampaikan oleh Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto.

"Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti autentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala," kata Hadi dalam konferensi pers di Bali, Sabtu, 24 April 2021.

Sampai saat ini, upaya pencarian KRI Nanggala-402 sudah berlangsung empat hari. TNI dibantu seluruh instansi terkait dan armada militer dari negara-negara sahabat.

Baca juga: Dortmund Vs Wolfsburg: Sepasang Gol Erling Haaland, Perkecil Jarak ke Empat Besar Bundesliga

"TNI AL bersama Polri, Basarnas, KNKT dan BPBD, serta aset-aset negara sahabat, seperti Australia, Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, telah berupaya dan semaksimal mungkin untuk mencari keberadaan KRI Nanggala," ujar Hadi. 

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir life support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala selama 72 jam," sambungnya. 

Sedangkan menurut I Ketut Sudiarta selaku Kelompok Ahli Gubernur Bali Bidang Kelautan dan Perikanan, menuturkan, bahwa lokasi tenggelamnya KRI Nanggala-402 berada di laut utara Bali, yang mana merupakan wilayah transisi antara Paparan Sunda yang dangkal dengan Paparan Sahul yang dalam.

Editor: Nadzim Asy'ari | Firda Najmi Amaludin

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot